SAVE ROHINGNYA

SAVE ROHINGNYA

By 23 November 2016 BKIMedia, Opini Mahasiswa No Comments

rohingya-editPembantaian atas muslim Rohingya di Myanmar tak kunjung berhenti hingga saat ini. Citra satelit terbaru yang ditunjukkan kelompok Human Rights Watch (HRW) pada Senin (21/11/2016) menunjukkan lima desa komunitas Rohingya dibakar dalam tindakan keras militer Myanmar. Selain itu, sebanyak 1.250 bangunan hancur.

Muslim Rohingnya dibakar seolah daging buruan yang tak berharga, mereka dibantai dengan begitu brutalnya, mereka terusir. Sebagai seorang muslim kita pasti sesak melihat betapa bengisnya pembunuhan terhadap saudara-saudara kita disana.

Dunia hanya bisa melihat tanpa bisa melakukan apa pun, organisasi perdamaian dunia seperti PBB tak mampu memberikan solusi. HAM Barat yang digadang-gadang bisa melindungi jiwa manusia tak berlaku. Media pun sepi dari pemberitaan, seolah bukan masalah penting dan tak layak untuk diangkat ke permukaan. Padahal, dulu ketika Islam memimpin dunia, setiap jiwa terpelihara. Jangankan ribuan nyawa, satu tetes darah tertumpah pun akan dibela. Dalam Islam, nyawa seorang Muslim jauh lebih berharga daripada dunia dan seisinya.

Ketika kita beropini untuk membela pun, tersekat dengan kalimat “tak boleh ikut campur urusan negara lain”, seolah menjadi legitimasi kebungkaman penguasa negeri-negeri muslim. Benar saja, ummat Islam dengan jumlahnya yang besar ini bagai buih di lautan. Tidak mempunyai kekutan untuk melindungi dan menyelamatkan saudara-saudara Muslim Rohingnya. Mencukupkan diri hanya memperhatikan sesama warga dalam sebuah negara, terbelunggu oleh suatu ikatan semu nation state. Ikatan yang membuat ummat muslim terpecah belah menjadi kelompok-kelompok kecil tak berdaya yang seolah terlepas dari ikatan mereka yang satu aqidah. Padahal satu muslim dengan muslim lainnya bersaudara, tanpa melihat ras, warna kulit, daerah, maupun perbedaan yang lainnya.

Lalu apa yang bisa kita lakukan sekarang? Memberikan materi mungkin hanya bagian kecil yang bisa kita lakukan. Namun kita menyadari hal tersebut belum mampu menyelesaikan permasalahan yang ada (Semoga Allah mengampuni kita atas ketidakberdayaan kita untuk membela saudara Muslim Rohingnya Aamiin). Karena ketiadaan persatuan ummat dan perisai yang menjaganya lah yang menjadi pangkal permasalahan Muslim Rohingnya dan Muslim-Muslim di belahan bumi lainnya yang terdzalimi. Oleh karena itu, ummat Islam harus bersatu dan berjuang bersama untuk menghadirkan kembali perisai Ummat di seluruh dunia dengan adanya Khalifah yang menerapkan Islam dalam naungan negara, Khilafah Islamiyah. InsyaAllah keberadaan Khilafah akan menjaga dan menjadi pelindung bagi setiap jiwa Muslim, sehingga kasus pembantaian terhadap Ummat Muslim Rohingnya dan yang lainnya akan segera berakhir.

#BKIMRohisnyaIPB
——————-
Badan Kerohanian Islam Mahasiswa (BKIM) IPB
CP : Addin (0858-1084-4437)
Add LINE@ BKIM : @yyt6184h
Facebook :  fb.com/bkimedia
Twitter/IG : @bkimipb
Web : bkim.lk.ipb.ac.id

Leave a Reply