Liberalisasi Pendidikan, Membuat Kewajiban Menuntut Ilmu Terabaikan

By 17 March 2016 Opini Mahasiswa No Comments

12814127_727771824023929_7126562039694003077_n

Di tengah arus globalisasi, ditambah lagi saat ini kita memasuki era digital, tak heran jika pendidikan semakin liberal. Liberalisme adalah sebuah paham yang menghendaki kebebasan pribadi, dalam arti, perintah tidak boleh turut campur. Awalnya, liberalisme memang identik dengan ekonomi, tetapi saat ini, bidang pendidikan pun tak luput dari liberalisasi. Liberalisasi pendidikan bisa dilihat dari dua aspek, yaitu konten dan tata kelolanya.

Pertama, dari segi konten. Sejak tahun 2014, Kurikulum 2013 sudah mulai diterapkan, walaupun ditunda karena banyak kendala teknis. Dilihat dari kontennya, indikasi liberalisasi tercium dari adanya materi-materi yang menyimpang, seperti pacaran sehat dalam buku Penjaskes, gagasan sinkretisme, materi kesehatan reproduksi, yang nanti arahnya membentuk output berupa generasi yang liberal nan sekuler.

Kedua, dari segi tata kelola. Di Indonesia yang menerapkan sistem politik demokrasi dan sistem ekonomi liberal, pendidikan saat ini tak ubahnya lahan bisnis. Bukti yang menunjukkan hal ini adalah penerapan kebijakan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dan adanya Uang Kuliah Tunggal (UKT). Ketika asas yang mendasarinya sudah salah, maka jangan berharap banyak pada output yang nantinya akan dihasilkan. Boleh jadi, akan lahir generasi materialistis yang semakin mengokohkan ‘penjajahan’ di negeri ini.

Dalam pandangan Islam, menuntut ilmu merupakan kewajiban bagi setiap Muslim. Begitu banyak pujian yang dialamatkan Allah dan Rasul-Nya kepada mereka yang berilmu. Dengan ilmu, mereka bisa bermanfaat untuk umat dan makhluk sejagad. Di sisi lain, pendidikan merupakan hak kolektif bagi setiap warga negara, di samping kesehatan dan keamanan. Jadi idealnya, pengelolaan sistem pendidikan bukan berdasar untung-rugi, tapi murni bentuk pelayanan negara terhadap rakyatnya. Dengan paradigma yang benar, dengan asas akidah Islam, maka generasi yang bertakwa dan menguasai iptek bukanlah sesuatu yang utopia.
‪#‎SimnasBkldk2016‬
‪#‎IslamRahmatanlilAlamiin‬
==============================
Nantikan Perhelatan Akbar Dakwah Kampus tahun ini dalam Simposium Nasional (SIMNAS) BKLDK 2016 | Maret 2016 at Institut Pertanian Bogor (IPB)
==============================
Simak Video Seruan SIMNAS BKLDK 2016 >>
https://www.facebook.com/BKLDKNasional/videos/779415182162415/
==============================
Like & Share official fanspage BKLDK Nasional >>https://www.facebook.com/BKLDKNasional/?
fref=ts | Semoga Bermanfaat
==============================
Follow us:
https://instagram.com/bkldknasional/
https://twitter.com/bkldknas/
==============================
Daftarkan diri anda pada acara Training Aktivis dakwah kampus
pada 27 Maret 2015 Di institut pertanian Bogor
klik dan isi formulir berikut:
bit.ly/TrainingAktivis
Daftarakan Lembaga Dakwah Kampus (LDK) anda
pada acara SIMNAS 2016 BKLDK 25-27 Maret 2015 Di institut pertanian Bogor
klik dan isi formulir berikut:
bit.ly/daftarsimnas

Leave a Reply