Yuk Mempersiapkan Diri!

By 2 February 2016 Hikmah No Comments

klsfoaSalah satu hal yang kita semua tidak bisa pungkiri adalah kematian.Ya, kita tahu bahwa kita semua pasti akan mati. Tidak peduli usia muda atau pun tua, kaya atau pun miskin, pintar atau pun bodoh. Jika memang sudah waktunya, kematian tidak bisa diganggu gugat. Tak peduli kita bersembunyi dimana pun, jika sudah waktunya, kematian pasti akan mengikat.

“Dimana saja kamu berada, kematian akan mendapatkan kamu. kendatipun kamu di dalam benteng yang tinggi lagi kokoh,…” (Q.S. An Nisa: 78)

Namun, masih banyak dari kita yang terlena dengan seribu satu kesenangan dunia, mengira umurnya panjang, dan lupa mempersiapkan diri untuk akhiratnya.

Perlu kita ketahui lagi (dan tentunya diingat) bahwa kematian bukan akhir dari cerita, tapi ada kelanjutannya. Surga atau neraka? Senang atau susah? Tujuan mana yg mau kita tuju?

Tidaklah orang-orang itu menyangka, bahwa sesungguhnya mereka akan dibangkitkan.” (QS. Al Muthoffifin: 4)

Jangan sampai menyesal dikemudian hari karena tidak ada kesempatan untuk kembali. Mari kita mengingat kematian dan mempersiapkan diri untuk menyambutnya.

Ibnu Umar radhiyallaahu ‘anhuma berkata, “Suatu hari aku duduk bersama Rasulullahshallallaahu ‘alaihi wa sallam, tiba-tiba datang seorang lelaki dari kalangan Anshar, kemudian ia mengucapkan salam kepada Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam dan bertanya, ‘Wahai Rasulullah, siapakah orang mukmin yang paling utama?’ Rasulullah menjawab, ‘Yang paling baik akhlaqnya’. Kemudian ia bertanya lagi, ‘Siapakah orang mukmin yang paling cerdas?’. Beliau menjawab, ‘Yang paling banyak mengingat mati, kemudian yang paling baik dalam mempersiapkan kematian tersebut, itulah orang yang paling cerdas.’ (HR. Ibnu Majah, Thabrani, dan Al Haitsamiy).

————————————————–
Badan Kerohanian Islam Mahasiswa (BKIM) IPB
Daftar Ngaji BKIM : bit.ly/daftarIschingBKIM
CP : Rizki (0857-1649-9918)
Add LINE@ BKIM : @yyt6184h
Facebook : fb.com/bkimedia
Twitter/IG : @bkimipb
Web : bkim.lk.ipb.ac.id

Leave a Reply