[PRESS RELEASE: Latihan Kepemimpinan dan Manajemen Dakwah (LKMD) BKIM IPB]

By 23 January 2016 Opini Mahasiswa One Comment

lkmdSelamat malam, agen perubahan!

Alhamdulillah wa syukurillah, Badan Kerohanian Islam Mahasiswa (BKIM) IPB telah melangsungkan kegiatan Latihan Kepemimpinan dan Manajemen Dakwah (LKMD) di Desa Cibitung Kulon, Pamijahan, Bogor. Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari 2 malam yaitu sejak Kamis hingga Sabtu (21-23 januari 2016). Peserta adalah pengurus aktif Badan Kerohanian Islam Mahasiswa IPB. Pada hari pertama, peserta berangkat menuju lokasi dengan berjalan kaki sejauh 12 km yang ditempuh selama 4 jam, kemudian dilanjutkan dengan berkeliling Desa Cibitung Kulon untuk mengetahui batas wilayah setiap RW serta membaca keadaan umum desa. Pada hari kedua, peserta melakukan survey unsur SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threats) Desa Cibitung Kulon dengan metode Quota Purposive Random Sampling dengan pendekatan indepth interview. Survey dilakukan kepada 93 responden terdiri dari Kepala Desa, Ketua RW, Ketua RT, tokoh agama, tokoh masyarakat, petani, buruh tani, peternak, ibu rumah tangga, pemuda, dan mahasiswa dari 8 RW. Pada hari ketiga, peserta mempresentasikan hasil analisis SWOT dan rekomendasi strategi fungsional desa di Kantor Kepala Desa Cibitung Kulon, dihadiri oleh kepala desa, ketua RW, ketua RT, tokoh agama, beberapa warga desa, pembina BKIM IPB, dan peserta LKMD. Dengan hasil survey dan rekomendasi yang diberikan BKIM IPB, semoga Desa Cibitung Kulon bisa menjadi desa yang maju, makmur, sejahtera, dan yang terpenting adalah berkah. Karena maju, makmur, sejahtera saja tidak cukup, tetapi harus berdasarkan aturan Allah Swt. Allahu Akbar!

Dalam pertemuan tersebut, Bapak Yosep selaku Kepala Desa Cibitung Kulon juga menyatakan dukungannya terhadap kegiatan LDKM ini dan berharap kegiatan ini bisa menjadi langkah awal terjalinnya kerjasama desa cibitung kulon dengan IPB untuk mengembangkan sektor pertanian di desanya.

Badan Kerohanian Islam Mahasiswa (BKIM) IPBCP: Rizki (+6285716499918)Add LINE@BKIM: @yyt6184h Twitter/IG: @bkimipb Fb: fb.com/bkimediaweb: bkim.lk.ipb.ac.id‪#‎BKIMIPB‬

Join the discussion One Comment

Leave a Reply