Open House IPB : Jawaban untuk Adik Galau

OPEN HOUSE IPB 2015

37 Jurusan IPB

Assalamu’alaikum Wr. Wb. Adik-adik SMA yang alhamdulillah diberikan nikmat yang lebih dari Allah SWT dari segi waktu, kesehatan dan materi hingga bisa mengikuti Open House IPB ini. Kami do’akan beberapa bulan lagi adik bisa kembali lagi ke Kampus IPB tercinta ini, disambut dengan tulisan dalam spanduk biru di depan gedung Graha Widya Wisuda (GWW) IPB Dramaga “Selamat Datang Putra Putri Terbaik Nusantara, Calon Mahasiswa Baru IPB Angkatan 52,  di Kampus Institut Pertanian Bogor” mengikuti kegiatan perkuliahan, membuka jendela ilmu bersama-sama di Kampus Rakyat, Institut Pertanian Bogor. Aamiin.

“Tapi, saya ikutan Open House ini sebenarnya karena bingung dan liat pilihan jurusan yang sebanyak itu, jadi semakin bingung.”

Masa kuliah akan dilewati selama kurang lebih empat tahun, tentu ini bukan waktu yang sebentar, maka mempersiapkannya pun harus benar-benar matang. Namun, bukan berarti harus berlama-lama ‘Galau’ mau kuliah di mana, jurusan apa, sama siapa *eh.

Ketika menentukan jurusan kuliah, pilihlah jurusan yang sesuai dengan passion kamu, berlama-lama mengerjakan hal-hal yang kita sukai  tentu akan sangat menyenangkan. Ketika bingung, kamu juga bisa bertanya kepada orang tua di rumah, sebenarnya mereka inginnya kita menjadi seperti apa? Tak ada salahnya membahagiakan mereka dengan mengikuti kemauan orang yang telah mencintai dan membiayai kita sejak pertama kali menghirup napas di dunia ini. Setelah itu kamu juga bisa tanya-tanya tentang jurusan yang kamu minati ke kakak kelas, atau ke kakak-kakak BKIM juga boleh kok. Jangan lupa minta petunjuk sama Allah, agar diberikan yang terbaik salah satu caranya bisa dengan sholat Istikharoh.

“Dan mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan jalan sabar dan mengerjakan sholat; dan sesungguhnya sholat itu amatlah berat kecuali kepada orang-orang yang khusyuk Tiada daya dan upaya kecuali atas pertolongan Allah semata” (Qs. Al-Baqarah : 45)

Setelah menentukan pilihan jurusan, alhamdulillah udah gak galau lagi nih? :D. Sekarang saatnya berjuang mencapai impian kamu. Belajar, berjuang, berusahalah dengan memaksimalkan kemampuan yang kamu miliki. Persiapkan UN-nya jauh-jauh hari, jadi gak ada deh tuh yang namanya contek mencontek, jujur ya :D.  Rajin latihan soal, ikutan try out, belajar bareng, hm apalagi ya? Kalau untuk bisa masuk PTN aja usahanya sekeras itu, nah kamu pasti mau masuk surga kan? Masuk surga lebih susah apa lebih gampang daripada masuk PTN? Sudah cukupkah bekal kita? Sudahkah kita mencapai passing grade­-nya surga? Hehe, makannya, yuk disamping belajar imu dunia, jangan lupa ikut kajian keislaman di sekitar rumah temen-temen juga ya.

Usaha udah, do’a tiap hari, asik banget deh, itu yang namanya tawakal. Masalah hasil pasrahkan kepada Sang Pencipta. Apapun hasilnya nanti, percayalah itu yang terbaik, Allah-lah yang lebih tahu apa yang terbaik buat kita. Persiapkan diri untuk ikhlas tentang hasilnya, bersiap-siap atas segala kemungkinan, buat rencana B. Tapi kita mah tetep berdoa semoga dapet nilai, jurusan dan PTN yang terbaik dan semoga PTN yang terbaik buat kamu itu IPB biar bisa gabung, dakwah bareng di BKIM IPB 😀

Saat jenuh belajar, ingatlah sebentar lagi kamu akan menjadi seorang mahasiswa, agent of change, yang harapan-harapan bangsa tergenggam di tangannya. Mahasiswa yang peka akan kondisi sekitarnya, mahasiswa yang jadi rujukan masyarakat dalam mencari solusi, mahasiswa yang ahli di bidangnya. Wuiss, keren banget ya. Gimana, udah gak sabar pengen jadi mahasiswa? Jangan jadi mahasiswa FTV yang cuma mejeng di kampus, atau mahasiswa kunang-kunang yang keluar kostan cuma buat kuliah, jadilah mahasiswa kuda-kuda, kuliah dakwah, kuliah dakwah, pastinya mendakwahkan Islam bareng BKIM dong ya. Sipdeh, kita tunggu kabar gembira dari adik-adik sekalian. Hamasah!

Klik Gambar > 37 Jurusan di IPB

Join the discussion One Comment

Leave a Reply