Pekan Intelektual Muslim

Perubahan adalah sesuatu yang pasti dalam hidup ini. Tapi, perubahan yang diinginkan tentunya perubahan yang menuju ke arah yang lebih baik, perubahan yang dapat membawa peningkatan kualitas hidup. Di sisi yang sama, perubahan individu, lingkungan, bahkan negara tentu tak terjadi otomatis. Harus ada pemenuhan syarat-syarat tertentu hingga ‘subjek’ tersebut dikatakan mengalami perubahan. Sebuah bangsa yang menginginkan perubahan, pun mutlak harus memenuhi syarat tertentu, salah satunya adalah maju dalam aspek pemikirannya.Intelektual. Ya, sebuah golongan yang selalu ada di tengah-tengah masyarakat manapun di dunia. Golongan yang dianggap memiliki ‘ketinggian’ dan ‘kemajuan’ dalam aspek berpikirnya. Mereka dianggap dapat membuat sebuah perubahan terhadap sebuah bangsa jika pemikirannya diarahkan menuju konsep pemikiran yang benar.

 

Titel intelektual ini nyatanya tak bisa dimiliki oleh semua orang. Dibutuhkan usaha yang besar, salah satunya dengan mengikuti sebuah lembaga studi dengan masa tertentu untuk mengasah keilmuannya. Dalam hal ini kampus adalah wadah intelektual dilahirkan. Seluruh civitas akademika masuk ke dalam masyarakat intelektual. Akan tetapi tidak semua orang dalam kampus tergolong sebagai golongan intelektual, sebutan ini sering dan tentu hanya melekat kepada para dosen dan mahasiswa.

Sebentar lagi kampus tercinta kita akan genap berumur 50 tahun.  Merupakan umur yang cukup tua jika diibaratkan seorang manusia. Umur yang pantas memiliki segudang pengalaman dan prestasi. Umur yang telah memiliki kompetensi dalam bidangnya dan dapat memberikan dampak yang besar terhadap bidang pertanian. Berupaya dan mendorong ke arah pertanian yang handal dan maju. Oleh karena itu untuk membuat sebuah perubahan besar dibutuhkan energi yang besar. Energi yang besar didapatkan ketika golongan intelektual ini mengupayakan secara bersama perubahan itu sendiri. Disertai dengan pemikiran yang menyeluruh terhadap permasalahan yang ada.

Pemuda/i muslim yang ada di kampus adalah corong perubahan terbaik karena gelar ini telah tersemat sejak Islam diturunkan. Sehingga, sebuah upaya untuk menyatukan gerakan perubahan dari pemuda/i muslim adalah hal yang seharusnya dilakukan. Karena itu, melalui acara Pekan Intelektual Muslim, kami menyerukan kepada seluruh civitas akademika muslim IPB untuk terlibat secara langsung menuju kebangkitan dan perubahan hakiki yang selayaknya mampu disumbangkan oleh pemuda/i Islam, generasi terbaik yang diturunkan oleh Allah SWT. []

Untuk informasi mengenai syarat dan ketentuan lomba, silakan klik disini.

Join the discussion 2 Comments

  • bkim says:

    aamiin. Jazakallah atas supportnya :)

  • adhi nh says:

    semoga dengan kepengurusan yang baru BKIM IPB lebih fresh dan dapat menjalankan peranan dakwah kampus lebih baik dari kepengurusan sebelumnya…
    “Ayo BKIM IPB Never Ending Improvement”

    [WORDPRESS HASHCASH] The poster sent us ‘0 which is not a hashcash value.

Leave a Reply